Agustinus Setianto

Terus berkarya dengan ketulusan hati

Gunung Kencana Bogor dengan sejuta keindahan yang dekat dari jakarta

Ceritanya tulisan ini terinspirasi dari seseorang yang bernama eko IG: @cumulonimbus, dia adalah seorang pendaki asal bogor, orangnya gondrong, ringan ketawa, dan kerjaannya ngopi mulu.

Memang benar bahwa bogor tidak henti - hentinya menyajikan keindahan yang luar biasa mulai dari gunung, air terjun, bahkan perempuan yang sedap di pandang hihihi.

Kali ini adalah tentang GUNUNG KENCANA memiliki ketinggian 1803 Mdpl, salah satu gunung yang terletak didaerah puncak bogor dan tidak jauh dari ibu kota jakarta, perjalanan dapat di tempuh menggunakan mobil atau motor dengan durasi +- 3 jam perjalanan.

Bagi kalian yang ingin melakukan liburan murah dan tidak jauh dari jakarta, pilihan gunung kencana ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan kalian.

Untuk pintu masuk terdapat 2 lokasi, yaitu : melalui kampung arab dan satu lagi melalui pintu masuk telaga warna.
untuk biaya masuk melalui telaga warna saat ini Rp.25.000 / Orang update terbaru 19-07-2018, lalu untuk yang melalui kampung arab sebesar Rp.10.000


Kali ini melalui pintu masuk pos telaga warna, jalur menuju pos pendakian gunung kencana memerlukan waktu sekitar -+ 60 menit dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil disarankan dengan penggerak roda 4WD.

Sepanjang perjalanan kita kembali disuguhkan pemandangan yang amat cantik dan asri dari perkebunan teh, terkadang di moment tertentu akan ada pemandangan warga setempat yang melakukan aktifitas pemetikan teh, dan tentunya mereka sangat bersahaja ketika di sapa.

Ketika sampai di pos jaga parkir, parkirkanlah kendaraan dengan rapih agar tidak merepotkan si penjaga parkir tersebut, untuk biaya parkir sendiri dikenakan Rp.10.000 / Motor dan Rp.5.000 / Helm.

Mulai dari sini lah kita melangkah, menggerakan seluruh kaki, jiwa raga, dan seluruh otot - otot dalam diri kita hehehe agak lebay dikit . Membutuhkan sekitar 15 menit menuju pos perhutani atau orang - orang biasa sebut pos sambalado, selama melangkahkan kaki kami di suguhkan pemandangan nan elok berupa perkebunan teh ( kalo saya punya kebun teh sebanyak ini, kira - kira bisa di pakai ngeteh berapa gelas ya ) ?

Poto By : IG @cumulonimbus
Poto By : IG @cumulonimbus

Sampai di pos sambalado, dan di tandai adanya banner dengan tulisan tanjakan sambalado, disini kembali wisatawan harus membayar simaksi resmi dari perhutani sebesar Rp.20.000 / orang.
Setelah membayar simaksi kita akan dihadapkan dengan track yang vertikal hampir 90 derajat.


Poto By : IG @cumulonimbus


Hanya ingin memberikan saran saja, karena gunung kencana ini memiliki jalur yang pendek tapi menantang, lebih baik untuk alas kaki menggunakan sepatu khusus tracking.
Jalur ini akan terus menanjak dan setiap ruas anak tangganya cukup jauh, bikin lutut sama paha terasa tersayat - sayat hihi, pemandangan kanan kiri penuh dengan vegetasi.



Setelah menempuh perjalanan sekitar 60 menit  dengan jalur yang cukup bikin nafas senin kamis, sampailah di puncak. Pastinya semua rasa capek, rasa haus akan hilang ketika melihat semesta dari puncak gunung kencana dengan pemandangan di depannya berdiri dengan gagah Gunung Gede Pangarango


Sang Surya Menyinari Semesta Pagi.
 Photo By : IG @cumulonimbus

Bahagia dengan cara sederhana namun bermakna
Photo By: IG @cumulonimbus

Info & Saran.

Biaya Masuk :

Via Pos Telaga Warna : 
Masuk Kawasan    Rp. 25.000 / orang ( Coba ditawar saja ke penjaganya )
Parkir Motor          Rp. 10.000 / motor
Helm                      Rp. 5.000 / helm
Simaksi Perhutani  Rp. 20.000 / orang
Total                       Rp. 60.000



Via Kampung Arab :
Masuk Kawasan    Rp. 10.000 / orang
Parkir Motor          Rp. 10.000 / motor
Helm                      Rp. 5.000 / helm
Simaksi Perhutani  Rp. 20.000 / orang
Total                       Rp. 45.000


Sebelum melakukan perjalanan ke gunung kencana ini lebih baik dipersiapkan segala sesuatunya, mulai dari fisik, peralatan dan mental. Karna itu semua akan menjadi bekal kita untuk terhindar dari segala resiko yang akan terjadi.

Dan selalu ingat, untuk menjaga alam kita dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pengerusakan.

Lets Do it, To Be Smart Traveller.


5 comments:

  1. Dan di foto terakir saya bertemu dengan mas eko, kita sebelumnya oernah ketemu di puncak gede, akhirnya kita berencana untuk exlpore garut, ramah orang baik nyaman juga tukang ngelawak dan 1 lagi kapan abang nikah 😛

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah salam kenal, bang... saya kenal bang eko di kencana, semoga kita bisa bertemu untuk bercengkrama sambil ngopi - ngopi manja...

      Delete
  2. ayook nanjak lagiii mengulang cerita lalu 😂😂😂

    ReplyDelete
  3. tentunya dengan secangkir teh hangat dan berjuta pengalaman untuk dibagikan heheh...

    ReplyDelete
  4. owh ini ya gunung kencana itu.. yang baru saya denger :)

    ReplyDelete